03 Jan 2017 18:32

Musim Hujan Lejitkan Harga Cabai

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Musim hujan yang terjadi sepanjang 2016 merupakan pemicu melonjaknya harga cabai. Musim panen menjadi tertunda, karena cabai berpotensi busuk bila dipetik saat musim hujan.

Produksi cabai dalam negeri masih aman, sehingga tidak perlu impor komoditas tersebut. Tingginya harga cabai sendiri tidak begitu mempengaruhi inflasi. "Produksi (cabai) cukup, cuma tidak boleh panen kalau musim hujan," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/1/2017).

Dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Amran menyampaikan evaluasi dua tahun kinerja kementeriannya, termasuk kondisi dan harga komoditas beras. "Beras yang menjadi komoditas paling strategis, itu yang dijaga dan itu yang kecenderungan turun. Stabil dan bahkan turun," terang Amran.

Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), komoditas cabai merah menyumbang 0,47% inflasi pada November 2016. Ini terjadi lantaran pasokan cabai merah mengalami gangguan. Cabai merah mengalami kenaikan harga di 76 kota, karena faktor cuaca dan hambatan distribusi komoditas tersebut di berbagai daerah.(agr)

Sosial Media