24 Jan 2017 14:39

76 Bandara Akan Direvitalisasi

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Sebanyak 76 bandara di Indonesia akan direvitalisasi dalam lima tahun depan. Adapun bandara yang masuk dalam program revitalisasi adalah yang memiliki lantasan pacu sepanjang 800-1.000 meter.

Dalam proyek revitalisasi, Kementarian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melibatkan sejumlah pihak. Antara lain PT Garuda Indonesia Tbk (Persero), PT Angkasa Pura I-II, PT Dirgantara Indonesia, dan Unit Pelayanan Teknis Kementerian Perhubungan.

"Revitalisasi bandara kelas IV dilakukan pada daerah-daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi, populasi penduduk yang tinggi dan memiliki potensi pasar ekspor," ungkap Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo usai bertemu Menteri BUMN Rini Soemarno di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Saat ini, Garuda sedang mengeksplorasi mana saja bandara yang masuk dalam program revitalisasi. Syaratnya, bandara tidak tergarap dengan baik padahal memiliki potensi besar yang cukup besar. Contohnya, Bandara Muara Teweh, Kalimantan Tengah; Bandara Tanjung Enim Sumatera Selatan; Bandara Karimun Jawa, Jawa Tengah; dan Bandara Pulau Seram, Maluku. "Dari 76 bandara, 16 di antaranya siap dikembangkan dalam waktu dekat. Selebihnya ditargetkan tuntas dalam lima tahun," papar Arif.

Setelah direvitalisasi, bandara diharapkan bisa melayani 106 rute penerbangan. Satu lagi yang penting adalah keberadaan pesawat terbang yang mampu mendarat dan lepas landas di landas pacu pendek.(agr)

Sosial Media