21 Feb 2017 15:10

Garuda Bersedia Buka Rute ke Toraja

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - PT Garuda Indonesia Tbk bisa menerima usulan pemerintah untuk membuka rute penerbangan ke Tana Toraja, terkait dengan pengembangan 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Dengan catatan, kapasitas dan prasarana bandara-bandara di Tana Toraja bisa mendukung operasional pesawat.

"Toraja ini kan dijadikan destinasi wisata unggulan. Jadi akan dinaikkan kemampuan dan kapabilitas dari bandaranya. Kalau sudah siap, baru kita bisa pertimbangkan untuk masuk ke sana," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo usai rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Ada dua bandara yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan potensi wisata Toraja. Adalah  Bandara Lagaligo Bua Palopo dan Bandara Pontingku. Pemerintah melalui Kemenko Kemaritiman sudah merencanakan untuk menambah panjang runway (landasan pacu) pada kedua bandara, dari yang saat ini panjangnya hanya 1.200 meter menjadi 1.600 meter. Proyek akan berlanjut tahun berikutnya hingga runway mencapai panjang 2.000 meter.

Arif menegaskan, pihaknya harus mengevaluasi sejumlah hal. Seperti ketersediaan sarana dan prasarana lainnya untuk segala kebutuhan pesawat yang akan diterbangkan ke Toraja. "Saya mau evaluasi dulu, jadi belum bisa omong kapannya. Karena ada beberapa hal, misalkan avtur atau Pertamina harus ada. Supaya kita tidak perlu gendong (bahan bakar)," terang Arif.(rid)

Sosial Media