15 Jul 2017 15:13

KKP Tak Lagi Urusi Impor Garam Industri

bumntoday.com

Ilustrasi.

BUMNTODAY.COM - Impor garam industri tidak lagi membutuhkan rekomendasi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), melainkan cukup izin dari Kementrian Perdagangan (Kemendag). Pelimpahan kewenangan tersebut yang sudah berlangsung setahun itu bertujuan agar tidak mengganggu investasi di Indonesia.

Sebelumnya, impor garam industri memerlukan rekomendasi Kementerian Perindustrian. Sementara rekomendasi impor garam konsumsi dari KKP. Setelah ada regulasi baru, yakni Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Negara, izin impor garam dikeluarkan oleh KKP.

Namun rekomendasi izin impor garam oleh KKP tidak membedakan antara garam konsumsi dan garam industri. "Maka hari ini diselesaikan, garam industri itu wewenangnya untuk Mendag saja tanpa ada keterlibatan rekomendasi KKP," ungkap Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi usai mengikuti rapat tentang garam industri di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Keputusan rapat ini diambil sebagai solusi atas menipisnya garam industri dalam beberapa bulan terakhir. Dengan demikian, perusahaan yang sudah kehabisan garam bisa mengimpor lagi untuk kebutuhan produksi mereka.

Sebagai informasi, kebutuhan garam industri mencapai 2,3 juta ton setahun. Pemenuhan kebutuhan masih bergantung pada impor karena produksi dalam negeri belum mencukupi.(rid)

Sosial Media