12 Sep 2017 12:45

Ini Tongtol Untuk Bayar Tol

bumntoday.com

Tongkat kartu tol.

BUMNTODAY.COM - Peralihan pembayaran tol dari secara tunai menjadi notunai turut dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Belakang mulai marak beredar tongtol atau tongkal e-Toll, seiring dengan rencana penerapan pembayaran tol nontunai secara penuh pada 31 Oktober 2017.

Layak tongsis atau tongkat narsis, tongtol memiliki fungsi untuk memudahkan pembayaran tol dengan kartu yang di-tap ke mesin pembaca di gerbang tol. Cukup dengan membuka kaca mobil dan mengeluarkan tongtol, pengemudi tak perlu susah payah menjangkau mesin tap untuk pembayaraan. 

Salah satu distributor tongtol, Adit mengungkapkan, ide pembuatan benda ini bermula dari rencana pemerintah menerapkan pembayaran tol nontunai secara menyeluruh. "Alat ini juga disebut tongkat kartu atau tongcard," ucapnya, Selasa (12/9/2017).

Teknis penggunaan tongtol, kartu pembayaran elektronik diselipkan pada ujung dengan penjepit sebagaimana pada fungsi tongsis. "Konsep penggunaan tongcard sederhana, hanya menyelipkan kartu di tongkat. Tinggal tempelkan kartu pada scanner yang ada di gerbang tol," terang Adit.

Tongtol atau tongcard mulai banyak dijual secara online dengan beragam variasi. Ada tongtol yang terbuat dari logam, ada pula yang terbuat dari plastik. Tongtol memiliki panjang sekitar 1 meter, denganujung tempat kartu menyerupai box tempat kartu ID perusahaan.(tun)

Sosial Media