13 Sep 2017 12:01

Sejumlah Investor Minati Merpati Airlines

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Sejumlah investor sudah menyatakan minat untuk menyuntikkan modal kepada PT Merpati Nusantara Airlines. Diketahui, maskapai penerbangan plat meraih itu dihentikan operasionalnya sejak Februari 2014 karena mengalami kerugian hingga Rp5,3 triliun.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aloysius Kiik Ro menjelaskan, pihaknya masih melakukan kajian untuk mendapatkan investor terbaik.

"Sudah memasuki era mencari investor (untuk Merpati Airlines). Setelah itu, baru kami ke DPR kalau memang diperlukan untuk mendapatkan persetujuan privatisasi," kata Aloysius seperti dikutip dari keterangan resmi, Rabu (13/9/2017).

Selain mencari investor, Kementrian BUMN juga fokus pada upaya penyelesaian hak lebih dari 1.000 karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hingga kini, sebanyak 98% dari karyawan perusahaan yang di-PHK telah menerima pesangon. "Pembayaran tidak 100%, tetapi kami sudah mendapatkan kesepakatan dengan pekerjanya," ujarnya.

Meski bisnis penerbangan terhenti, dua anak perusahaan Merpati Arlines masih beroperasi dan menghasilkan profit. Yakni, PT Merpati Maintenance Facility (MMF), anak usaha yang bergerak di bidang perawatan dan perbaikan pesawat, dan Merpati Training Center (MTC), anak usaha yang bergerak di bidang pendidikan pilot dan pramugari.(rid)

Sosial Media