13 Sep 2017 13:45

SMI Modali PLN Garap 6 WKP

bumntoday.com

Panas bumi.(Ilustrasi)

BUMNTODAY.COM - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) berkomitmen menyalurkan bantuan pendanaan kepada PT PLN (Persero), untuk pengembangan 6 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP). Penandatanganan kesepahaman dilakukan pada acara The 6th IndoEBTKE ConEx 2017, dengan disaksikan langsung oleh Menteri ESDM Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN Nicke Widyawati menjelaskan, skema kerja sama pendanaan berasal dari SMI untuk melakukan eksplorasi. Adapun eksplorasi berdasarkan data dari Kementrian ESDM, yang akan diawali dengan survei lanjutan hingga penetapan alokasi anggaran. "Kita akan survei-survei. Setelah yakin probability access-nya tinggi, kita lakukan drilling," kata Nicke di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Pengembangan enam WKP diharapkan mampu meningkatkan kapasitas listrik yang berasal dari energi baru terbarukan. Hingga kini, total yang terpasang sebesar 1.750 MW. Estimasi hingga 10 tahun ke depan mampu menambah 6.700-7.000 MW.

Keenam WKP yang akan dieskplorasi oleh PLN adalah Atedei di NTT 10 MW, Songa Wayaua di Maluku Utara 10 MW, Tangkuban Perahu di Jawa Barat 60 MW, lalu Oka-Ile Ange, Gunung Sirung di NTT, dan Bonjol.

Direktur Panas Bumi Kementrian ESDM Yunus Saefulhak menambahkan, enam WKP tersebut merupakan bagian dari total 14 WKP yang akan ditugaskan ke PLN. "Total kapasitas 6 WKP itu 160 mw dengan estimasi US$640 juta. Itu termasuk penyiapan untuk WKP tambahan, ditambah 8 jadi akhirnya 14 WKP. Jadi PLN pengembang panas bumi kurang lebih 1.000 MW," ulas Yunus.(rid)

Sosial Media