13 Sep 2017 17:30

95 BUMN Akan Ramaikan IBD Expo 2017

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - 95 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan meramaikan Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2017, yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada 20-23 September mendatang.

IBDExpo 2017 bertema "Sinergi Indonesia Hebat" merupakan pameran yang kedualinya diselenggarakan 4 BUMN kluster National Publishing and News Corporation (NPNC), yakni Perum LKBN Antara, PT Balai Pustaka (Persero), Perum PNRI, dan Perum PFN.

Masyarakat bisa mengetahui program-program yang telah dilakukan BUMN dalam kurun waktu setahun ke belakang melalui IBD Expo 2017. "Masyarakat juga bisa berinteraksi dengan inovasi-inovasi BUMN," kata Ketua Pelaksana IBD Expo 2017 Hempi N Prajudi di Kantor Kementrian BUMN, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Selama even, 95 BUMN akan menampilkan produk-produk dan jasa unggulan termasuk mengikutsertakan UKM-UKM yang menjadi mitra binaan. "Sekitar 100 perusahaan swasta Nasional dan Internasional (Singapura, Cina, dan Malaysia) ikut meramaikan ajang tahunan ini," ungkap Hempi.

Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Menteri BUMN, Devi W. Suradji menambahkan, perusahaan milik negara memainkan peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Kini total aset seluruh BUMN mencapai Rp5.395 triliun, pendapatan sebesar Rp1.728 triliun, kontribusi pajak Rp220 triliun dan total dividen Rp38 triliun.

Belanja modal BUMN pada 2017 meningkat menjadi Rp555 triliun yang akan dialokasikan untuk pembangunan 52 jalan tol, 17 bandara, 13 pelabuhan dan 19 jalan kereta api serta infrastruktur lainnya.

Sinergi BUMN tidak lepas dari kesuksesan pembangunan tersebut, seperti pembangunan Tol Laut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kota Walini, BBM Satu Harga, akan ditampilkan di ajang ini.

"IDBExpo 2017 akan memperlihatkan lompatan katak (leap frog) yang telah dilakukan oleh BUMN. Leap frog ini menjadi gambaran bahwa BUMN menjadi korporasi unggulan Indonesia yang mampu menunjang ekonomi nasional," ucap Devi.

Kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya sebatas eksibisi, namun juga dapat menjadi wahana BUMN untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Nantinya di sela IBDExpo 2017, digelar berbagai kegiatan lainnya. Antara lain pameran pembukaan Lowongan Keja yang ditampilkan oleh 25 BUMN untuk berbagai posisi pekerjaan yang dibutuhkan.(rid)

Sosial Media