31 Okt 2017 14:49

PT PAL Selesaikan Kapal Perusak TNI AL

bumntoday.com

KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

BUMNTODAY.COM - PT PAL Indonesia bersama galangan kapal Belanda, Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS), telah menyelesaikan pengerjaan kapal perang pesanan TNI AL jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) kedua. Kapal bernama "I Gusti Ngurah Rai-332" itu telah diserahterimakan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu di Galangan PT PAL Indonesia, Surabaya, Senin (30/10/2017) kemarin.

"Dengan adanya serah terima ini, saya resmikan kapal I Gusti Ngurah Rai-332 sebagai kapal perang TNI AL Republik Indonesia. Saya yakin hadirnya kapal ini akan memperkuat jajaran TNI AL dan mampu menegakkan keutuhan NKRI dan hukum di laut sesuai hukum nasional dan internasional," kata Ryamizard seperti dikutip dari siaran pers.

Sebelumnya, penyerahan proyek pertama kapal sejenis dilakukan pada awal 2017, dan juga dikerjakan PT PAL Indonesia bersama Belanda melalui proses alih teknologi.

Kapal dengan nomor proyek pembangunan W000294 ini diserahkan setelah melalui serangkaian proses dan pengujian yang dimulai dengan pemotongan plat pertama (First Steel Cutting) pada 17 September 2014.

Dilanjutkan dengan peletakan lunas (Keel Laying) pada 18 Januari 2016 dan diluncurkan awal pada 20 September 2016, kemudian dilakukan dengan berbagai serangkaian uji (sea tria) sebelum kapal ini layak untuk diserahterimakan.(rid)

Sosial Media