06 Feb 2018 09:13

Jerome H. Powell Bos Baru Federal Reserve

bumntoday.com

Jerome H Powell

BUMNTODAY.COM - Jerome H. Powell resmi menjabat Ketua Federal Reserve, setelah Senin waktu AS dilantik menjadi gubernur baru bank sentral Amerika Serikat itu. Dia bersumpah untuk terus mewaspadai risiko sistem keuangan.

Powell yang berhaluan Republiken ini menggantikan Janet L. Yellen.

Dia bertekan untuk "menjelaskan apa yang sedang kita lakukan dan mengapa kita melakukan hal itu di tengah upaya bank sentral menyinambungkan pemulihan ekonomi yang tengah berjalan dengan mengawasi lembaga-lembaga keuangan terbesar AS.

"Saat ini tingkat pengangguran rendah, ekonomi bertumbuh dan inflasi rendah," kata Powell dalam posting video dalam laman The Fed.  "Melalui keputusan kita dalam kebijakan moneterm kita akan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, pasar kerja yang sehat dan stabilitas harga."

Powell juga mengatakan bahwa "sistem keuangan kini jauh lebih kuat dan lebih tahan banting dibandingkan dengan masa sebelum krisis keuangan."

"Kami berniat untuk mempertahankannya demikian. Kolega-kolega saya dan saya akan tetap waspada dan kami siap siaga menjawab risiko yang tengah berlaku," kata Powel dalam laman Los Angeles Times.

Powell menjadi salah satu gubernur  Fed sejak 2012. Dia adalah pendukung kebijakan Yellen dalam meningkatkan secara bertahap suku bunga dan pengawasan ketat terhadap bank-bank besar di AS. (mif)

 

Sosial Media