09 Jun 2018 15:27

REI - BPN Desak DPR Segera Sahkan RUU Pertanahan

bumntoday.com

Ketua dan Wakil Ketua DPP REI bersama Menteri ATR BPN.

BUMNTODAY.COM - DPP REI mlakukan audiensi ke Kantor Kementerian Agraria Tata Ruang - Badan Pertanahan Nasional (ATR - BPN), Jumat (8/6/2018). Dalam pertemuan itu, BPN dan REI sepakat mendesak DPR segera mengesahkan RUU Pertanahan.

Dalam audiensi itu, hadir Soelaeman Soemawinata Ketua Umum DPP REI yang juga Presiden FIABCI Asia Pasifik, Harie Ganie Wakil Ketua Umum Bidang Tata Ruang, Adri Istambul Lingga Gayo Wakil Ketua Umum Bidang Pertanahan, Ignes Kemalawarta Wakil Ketua Umum Bidang Pertanahan, dan Dani Muttaqien Direktur Eksekutif DPP REI.   

Mereka ditemui langsung oleh Sofyan Jalil Menteri Agraria Tata Ruang - Badan Pertanahan Nasional RI yang didampingi Sekretaris Kementerian ATR BPN Himawan Arief.

Pada kesempatan tersebut Soelaeman menyampaikan kepada Menteri ATR BPN terkait hasil Kongres FIABCI di Dubai dan audiensi dengan Presiden baru baru ini. Sekaligus mengundang Menteri Sofyan Jalil sebagai narasumber dalam Desember FIABCI Meeting dan Global Summit Meeting di Bali pada Desember mendatang.

“Pelayanan pensertifikatan di Kantor ATR BPN sudah semakin lebih baik dan kita lagi mempersiapkan kerjasama dengan BPN utk akreditasi petugas juru ukur kita,” kata Soelaeman.

Dalam pertemuan itu juga dipastikan, REI dan Kementerian ATR - BPN akan menjadi pemrakarsa dalam menyusun tata kelola kepemilikan orang asing yang melibatkan antar instansi. Seperti keimigrasian, pajak dan Notaris/PPAT melalui panitia ad hoc dengan pembahasan FGD. Sehinga akan keluar satu buku aturan yang baku yang ditandatangani para pihak seperti kementerian ATR BPN, Menkumham, Ikatan Notaris PPAT dan Menteri Keuangan,

“Supaya bisa menjadi pedoman dan acuan bagi orang asing dalam membeli properti di Indonesia. Kita akan melaunchingnya berbarengan pada saat acara Summit Meeting FIABCI di Bali tanggal 8 Desember 2018 nanti,” kata Soelaeman lebih lanjut.

Soelaeman melaporkan juga kepada Menteri ATR BPN Sofyan Jalil, bahwa DPP REI telah menugaskan Wakil Ketua Umum Bidang Pertanahan Adri Istmabul Lingga Gayo keliling daerah untuk menjembatani kepentingan anggota di daerah dalam pelayanan Kantor ATR BPN. Untuk koordinasi urusan tata ruang telah ditugaskan Wakil Ketua Umum Bidang Tata Ruang Hari Ganie. 

Dalam koordinasi regulasi dan perundang-undangan ditugaskan Wakil Ketua Umum Bidang Regulasi dan Per- UU -an Ignez Kemalawarta. Sementara untuk urusan koordinasi promosi potensi investasi asing dan eksistensi REI di lembaga internasional ditugaskan kepada Wakil Ketua Umum bidang luar negeri Rusmin Lawin.

Pada pertemuan itu, kedua belah pihak juga sepakat untuk mendesak RUU Pertanahan agar segera disahkan oleh DPR RI, “karena dengan disyahkannya RUU Pertananahan tersebut maka akan memberikan kepastian hukum, kemudahan memperoleh sertifikat Hak, penataaan hak dan guna tanah sesuai dengan reforma agraria sampai dengan pengaturan Tentang Hak Kepemilikan orang asing” kata Sofyan Jalil.

Sofyan Jalil pun menyambut gembira dan mendukung langkah - langkah yang dilakukan DPP REI. Khususnya dalam menjadikan program gerakan satu juta rumah. Rencananya akan dijadikan rule model untuk penanganan avordable house di tingkat dunia melalui jaringan FIABCI. (pr/mif)

Sosial Media