30 Nov 2018 20:14

Pindad Latih 20 Mitra Binaan Baru

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Pindad (Persero) menyelenggakan pelatihan untuk peningkatan kapasitas mitra binaan pada 29 - 30 November 2018, di D'Riam Resort Ciwidey. Pelatihan diikuti 20 mitra binaan dari wilayah Bandung dan Sumedang. Pelatihan dihadiri Kepala Bidang Monitoring & Evaluasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementrian BUMN, Sandra Firmania.

Dikabarkan pindad.com edisi 30 November 2018, Sekretaris Perusahaan PT Pindad (Persero), Tuning Rudyati memberikan pembekalan dan arahan kepada seluruh peserta. Tuning memberikan semangat kepada para mitra dalam menjalankan usaha dan agar produk-produk yang dihasilkan mengikuti perkembangan zaman sehingga tidak kalah bersaing.

Tuning juga menjelaskan manfaat meminjam modal usaha kepada PKBL Pindad karena bunganya rendah 3%. Modal usaha ini harus dikembalikan secara berangsur, sehingga mitra binaan harus bisa mengatur dan mengelola pemasukan dan pengeluarannya dengan baik.

Materi yang diberikan dalam pelatihan meliputi pemasaran untuk mengembangkan usaha, pembukuan untuk belajar mengelola usaha dengan tertib administrasi yang benar, serta motivasi supaya mitra tetap memiliki semangat dalam menjalankan usaha.

Peserta yang diikutkan dalam pelatihan kali ini terdiri dari sektor Industri (9 mitra binaan), sektor Perdagangan (10 mitra binaan) dan sektor Peternakan (1 mitra binaan). Mereka merupakan mitra baru yang belum pernah mendapatkan atau mengikuti pelatihan dari PKBL semenjak pinjaman tahun 2016-2018.

Pelatihan ini merupakan program kerja PKBL dan diselenggarakan minimal sekali dalam setahun, merupakan bagian dari pembinaan BUMN dalam meningkatkan kapasitas usaha.

Mitra diikutkan pelatihan diharapkan mampu mempraktekan dalam mengelola usaha, memiliki semangat yang pantang menyerah, tekun, dan memiliki tekad untuk mengembangkan usaha.

Sosial Media