03 Des 2018 17:39

Tentang E-Office, Dahana Studi Banding ke Pindad

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Pengelola administrasi PT Dahana (Persero) melakukan kunjungan ke PT Pindad (Persero) di Bandung untuk studi banding pengelolaan sistem administrasi. Tim Dahana yang berjumlah lima orang dipimpin Manager Humas & Kelembagaan, Juli Jajuli. Tim ini diterima Dudi Setiadi dari Bagian Sistem PT Pindad beserta tim administrasi di ruang rapat Gedung Direktorat lantai 2, pada 29 Nopember 2018.  

Dalam paparannya, Dudi menjelaskan pengelolaan sistem administrasi di PT Pindad, salah satunya penggunaan teknologi sistem e-filling. “Memang, dalam perjalanannya membutuhkan waktu cukup lama. Kami perlu membangun sistemnya dan mensosialisasikan penggunaan sistem tersebut,” ungkap Dudi, sebagaimana dikutip dahana-blog.

Selain tantangan membangun sistem yang mumpuni, ada tantangan lebih berat ketika proses internalisasi.  “Ini lebih ke faktor kultur.  Yang biasanya manual, kini diubah menjadi digital. Maka, perlu waktu dan kesabaran,” tutur Dudi.

Diskusi antara kedua belah pihak mengalir dengan saling bertukar pengalaman pengelolaan sistem administrasi di perusahaan masing-masing.

Pada 2017, PT Dahana (Persero) mulai menerapkan program paperless. Program ini melahirkan tools baru berupa penggunaan aplikasi sistem administrasi digital yang bernama E-Office. Mulanya, aplikasi E-Office diharapkan mengurangi penggunaan kertas, sekaligus mempercepat pengambilan keputusan strategis. Namun, dalam perjalanannya, software yang dirancang sebuah perusahaan BUMN ini belum digunakan seluruh karyawan Dahana. Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah besar bagi Bagian Legal & Komunikasi Perusahaan yang juga membawahi persoalan sistem administrasi perusahaan. 

“Saat ini, kami dihadapkan dengan persoalan minimnya penggunaan E-Office oleh karyawan. Kami sedang menyiapkan langkah-langkah perbaikan menyambut 2019,” terang Juli Jajuli.

Studi banding yang dilakukan menjelang akhir tahun, menurut Juli, adalah hal yang tepat. Diharapkan, tahun depan mulai ada perubahan pada sistem administrasi di Dahana. “Mudah-mudahan tahun depan sudah mengalami peningkatan yang signifikan sesuai tujuannya memperlancar sistem kerja perusahaan,” kata Juli berharap.

Sosial Media