01 Jan 2019 19:16

PT INKA Salurkan Pinjaman Modal Bagi UMKM

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - PT INKA (Persero) menyalurkan program kemitraan tahap III Tahun 2018 senilai Rp590 juta pada 28 Desember 2018. Pinjaman modal usaha tersebut bagi 25 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Karesidenan Madiun dan Kediri.

Dikabarkan situs resmi Inka.co.id edisi 29 Desember, Senior Manager Humas, Sekretariat dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT INKA Madiun, Hartono, menyebut PKBL merupakan bentuk kepedulian PT INKA terhadap pelaku usaha agar lebih maju dan berkembang. Di samping itu, penyaluran bantuan modal bertujuan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan para pelaku usaha.

Bunga yang diberikan PT INKA kepada mitra binaan hanya 3 persen per tahun. Rata-rata para pelaku usaha dapat mengembalikan pinjaman selama dua tahun. Pembayaran bunga pinjaman paling lambat tanggal 5 setiap bulannya. Besaran dana yang diterima para pelaku usaha berbeda-beda. Mulai Rp10 juta sampai Rp50 juta.

Setelah tiga bulan penandatangan perjanjian, lalu dana bergulir tersebut tidak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, maka akan dicabut atau ditarik kembali untuk dimanfaatkan mitra binaan lain. “Dana itu untuk 25 mitra binaan. Ya dibagi. Besarnya bervariasi tergantung klasifikasi usahanya,” ungkap Hartono.

Kepala Seksi Fasilitasi dan Permodalan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Megik Sugiarto, mengapresiasi program peminjaman modal yang diberikan PT INKA kepada mitra binaan.

Pada tahap ketiga ini ada 15 pelaku usaha dari Trenggalek yang lolos seleksi dari PT INKA untuk mendapat bantuan modal usaha. Mereka terdiri atas pelaku industri, perdagangan dan peternakan. Karena itu, pengawasan dari dinas akan intensif dilakukan agar pinjaman permodalan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Bantuan modal usaha itu sangat membantu. Per tahun bunganya hanya 3 persen. Jangan sampai, dengan bunga yang sangat murah ini, justru dininabobokkan yang akhirnya malah macet karena mengabaikan. Makanya saya berharap jangan sampai ada yang macet. Ini dana bergulir, jadi banyak yang ngantri berikutnya,” kata Megik.

PT INKA tahun 2018 telah menyediakan anggaran Rp2,4 miliar untuk PKBL. Mitra binaan yang sudah mendapat pinjaman permodalan 103 pelaku usaha. Mereka dari Kota/Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Blitar dan Kediri.

Sosial Media