11 Jan 2019 13:28

Pindad Bahas Pabrik Kelapa Sawit di Pelalwan

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose, didampingi Direktur Produk Bisnis Industrial, Heru Puryanto, beserta jajaran, menerima kunjungan Bupati Pelalawan, H. M. Harris, dan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), di Kantor PT Pindad, Bandung, 10 Januari 2018. Dikabarkan pindad.com, pertemuan tersebut membahas hal-hal terkait pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di Teknopolitan Pelalwan.

Turut hadir, Direktur Pusat Teknologi Kawasan Spesifik dan Sistem Inovasi (PTKSSI) BPPT, Dr. Ir. Iwan Sudrajat, MSEE, Direktur BUMD Tuah Sekata M. Safri, berserta UPT Teknopolitan Pelalawan.

Kepala Bappeda Ir M. Syahrul Syarif mengatakan, pertemuan digelar dalam rangka diskusi sekaligus menindaklanjuti Momerandum of Understanding (MoU) dalam hal pengembangan Techno Park Pelalawan Berbasis Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi (Iptekin) Kelapa Sawit Ramah Lingkungan.

Syahrul menambahkan MoU dilakukan enam instansi dan lembaga yaitu Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), PT PINDAD (Persero), PT Rekayasa Engineering, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), dan Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), terkait rencana pembangunan perkebunan skala kecil dengan Pabrik Kelapa Sawit PO. Mill Jaya yang memiliki kapasitas 10 ton/jam di Kawasan Teknopolitan Pelalawan.

Kabupaten Pelalawan berada di Provinsi Riau,  dengan ibu kota Pangkalan Kerinci. Kabupaten ini hasil pemekaran dari Kabupaten Kampar. Luas 13.924,94 km², dibelah aliran Sungai Kampar, serta menjadi pertemuan Sungai Kampar Kanan dan Sungai Kampar Kiri. Kabupaten Pelalawan memilik beberapa pulau antara lain; Mendol, Serapung, Muda, Tugau, Labuh, Baru, Ketam, dan Untut. Struktur wilayahnya daratan rendah dan berbukit-bukit. Dataran rendah membentang ke arah timur dengan luas 93 % dari total keseluruhan. Sebagian wilayah ini daerah konservasi dengan karakteristik tanah pada bagian tertentu bersifat asam dan tanah organik.

Sosial Media