28 Jan 2019 18:40

PT Pelindo III Terima Program Magang Mahasiswa

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi dalam penyelenggaraan program magang mahasiswa bersertifikat. Perwakilan dari 13 perguruan tinggi menandatangani Memorandum of Understanding pada 28 Januari 2019 di Kantor Pusat PT Pelindo III, Surabaya. Dari 68 mahasiswa pada magang batch 2 ini di BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan ini, 20 mahasiswa berasal dari Universitas Airlangga Surabaya.

Kerja sama itu ditandatangani Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pelindo III Toto Heliyanto dengan perwakilan masing-masing perguruan tinggi. Khusus untuk Unair, press release dari Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair menyebut, penandatangan dilakukan Ketua Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan UNAIR Elly Munadziroh.

“Program magang bersertifikat ini digagas FHCI  (Forum Human Capital Indonesia). FHCI adalah asosiasi human resource BUMN se-Indonesia. Pemerintah menggagas ada magang bersertifikat dari BUMN selama enam bulan penuh,” ujar Elly.

Program magang bersertifikat ini diikuti mahasiswa dari berbagai fakultas di Unair. Antara lain, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Psikologi, Fakultas Vokasi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Sekolah Pascasarjana.

Melalui kerja sama magang bersertifikat ini, Elly berharap mahasiswa Unair secepatnya dapat berkarir di dunia kerja. Dengan begitu, masa tunggu pasca-kuliah menjadi lebih pendek. “Kami ingin lebih banyak lagi yang bisa magang, lebih terserap, lebih cepat berkarir, dan lebih cepat berprestasi,” papar Elly.

Selain magang di PT Pelindo III, ada 25 mahasiswa Unair yang tercatat magang di BUMN. Antara lain PT Angkasa Pura II; BNI Kanwil Surabaya; BRI DKI Jakarta; Grand Inna, Medan; PT Inka, Madiun; Inna Sindhu Beach Resort and Hotel, Bali; Jamkrindo Surabaya; PT Jasa Raharja, Bali; Jasa Tirta I; PT Pelindo II; Perum Perhutani; PJB Surabaya; PT PAL Indonesia; PTPN 10, 11, dan 12 Surabaya; serta PTPN Banyuwangi.

Sosial Media