30 Jan 2019 08:28

INALUM Bantu Kembangkan Kaldera Geopark Danau Toba

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM terus memberikan kontribusi dalam pelestarian alam Danau Toba. Salah satunya ditunjukkan dengan kunjungan INALUM ke Kabupaten Samosir sebagai salah satu Kabupaten yang menjadi pusat wisata Danau Toba.

Situs resmi inalum.id edisi 22 Januari 2019 mengabarkan, Plt. Direktur Pelaksana INALUM, Oggy Achmad Kosasih, didampingi Sahala Sijabat selaku Direktur Operasi dan Carry Mumbunan selaku Direktur Umum & Human Capital, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan kepada para penerima bantuan program.

Penyerahan ini juga dihadiri SEVP Pengembangan Bisnis INALUM, Dante Sinaga, Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah Kementerian Keuangan Lisbon Sirait, dan Tio Serepina Siahaan selaku Kepala Biro Advokasi Kementerian Keuangan serta Kepala Dinas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Samosir.

Penyerahan bantuan di Aula Kantor Bupati Samosir pada 18 Januari ini berupa program rehabilitasi lahan kritis di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba seluas 30 ha, dilanjutkan dengan program penanaman pohon seluas 20 ha, program tabung hujan di daerah sulit air bersih, upgrade Taman Bacaan Masyarakat, program kemitraan dengan pengrajin seni ukir Batak, dan bantuan untuk sekolah tingkat SMP.

Oggy menjelaskan, INALUM terus berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya di daerah Danau Toba. “Danau Toba itu salah satu danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara bahkan mungkin di dunia. Selain itu, Danau Toba juga memiliki potensi wisata luar biasa dan menjadi sumber kehidupan masyarakat sekitar. Berangkat dari hal tersebut, INALUM berkomitmen membantu menjaga kelestarian Danau Toba dengan memberikan bantuan rehabilitasi lahan kritis dan penanaman pohon yang pararel dengan program pengembangan Kaldera Geopark Toba,” jelas Oggy.

Ricky Gunawan selaku Sekretaris Perusahaan INALUM menambahkan, selama ini penghijauan yang dilaksanakan INALUM selalu bekerjasama dengan instansi terkait yang ahli di bidangnya. “INALUM dalam penghijauan khususnya di Danau Toba selalu bekerjasama dengan instansi terkait agar mendapatkan hasil maksimal. Dalam rehabilitasi lahan kritis dan penanaman pohon di Daerah Tangkapan Air Danau Toba ini INALUM bekerjasama dengan instansi Inhutani IV, LSM GoA dan lain-lain,” ungkap Ricky.

Selain bantuan yang diserahkan secara simbolis, INALUM juga berencana melaksanakan beberapa program lainnya di Kabupaten Samosir. Antara lain penyediaan bantuan tempat sampah tiga warna bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Samosir dan program pengobatan gratis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Samosir. Pada 2018, INALUM menyalurkan dana CSR dan PKBL Rp 32 Miliar yang berpotensi meningkat apabila performa keuangan BUMN produsen aluminium ini stabil.

Sosial Media