02 Feb 2019 14:31

Panen Buah Naga di Kebun Jollong

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM – Kebun buah naga di Kebun Jollong, Pati, Jawa Tengah, punya daya tarik tersendiri. Meski harga buah naga di pasaran sedang menurun, Kabun Jollong yang dikelola PTPN IX bisa mendatangkan wisatawan karena konsep agrowisata.

Produksi buah naga terus meningkat tiap tahun. Musim panennya antara Desember hingga Maret. Saat masa panen, produksi buah naga (Hylocereus costaricensis) di kebun ini dijual dengan harga Rp.10.000,00/kg.

Meski kelebihan produksi dan semakin banyak Penjual buah naga, itu bukan masalah yang mendesak bagi Kebun Jollong. Konsep agrowisata dan buah naga organik memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selain itu, Kebun Jollong juga berupaya mempertahankan kualitas produk dan pelayanan bagi pelanggan.

Buah naga rendah kalori, namun tinggi nutrisi. Kandungannya antara lain vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan. Bila rutin mengkonsumsi setiap hari, buah naga mampu mencegah diabetes, hipertensi, kanker, membantu masalah pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tanaman buah naga dapat berkembang optimal menyesuaikan kondisi iklim dan alam Indonesia yang subur. Yang penting, teknik penanaman baik dan benar. Itu meliputi, pengelolahan tanah, pemupukan, penyiraman, pemangkasan, masa panen. Pengembangannya bisa menggunakan cara generatif, vegetatif, dan metode tiang tunggal.

Di sisi lain, indahnya pemandangan berpadu kebun buah naga menjadi alternatif wisata bagi wisatawan yang ingin mendapatkan udara segar di Pati. Wisata ini menarik untuk dikunjungi anak-anak, keluarga, atau remaja. Dulu, tempat ini termasuk perkebunan kopi. Belakangan, juga dikembangkan perkebunan buah naga.

Mencermati potensi yang sangat besar di bidang wisata agro, PTPN IX memperluas wahana dan areal yang masih dapat dioptimalkan melalui kerjasama dengan PT Wiswani Karya Mandiri, yang sudah berpengalaman di bidang industri wisata agro.

Untuk lebih memantapkan kerjasama, pada 22 Januari 2019 di Kantor Direksi PTPN IX dilakukan presentasi oleh PT Wiswani Karya Mandiri membahas program pengembangan Agro Wisata Kebun Jollong. Presentasi dihadiri Petrus Budiman selaku Kepala Bagian Renstra dan Agus Sulistiyanto selaku Manager Kebun Jollong. Mereka mengikuti pemaparan dari tim PT Wiswani Karya Mandiri.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan rencana pengembangan obyek-obyek melengkapi kawasan wisata agro Kebun Jollong. Antara lain café, resort, spot selfie, kebun durian dan peternakan sapi. Panorama yang bisa dinikmati saat ini yaitu kebun kopi, taman bunga, camping ground, kolam keceh, outbound, flying fox, rumah balon, bukit naga, dan air terjun Grenjengan.

Pengembangan ini tanpa mengesampingkan ciri khas yaitu kebun kopi, pengolahan kopi dan hasil olahan dalam wujud secangkir Kopi Jollong yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Wisata agro yang dikembangkan nantinya diharapkan dapat menambah profit bagi PTPN IX dan sekaligus menambah destinasi wisata di Kabupaten Pati.

Sosial Media