09 Feb 2019 13:38

Padi Unggul Sidenuk Ditebar di Solokan Jeruk

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Sebanyak 7,5 ton benih padi unggul Inpari Sidenuk akan ditanam di lahan 300 Ha di wilayah Kecamatan Solokan Jeruk DI Kabupaten bandung dan sekitarnya. Penyebaran ini merupakan kerjasama antara Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bersama anggota DPR RI Cucun Ahmad Syamsurizal.

Situs resmi batan.co.id edisi 4 Februari 2019 mengabarkan, kegiatan bertajuk ‘Difusi dan Demo Teknologi Iptek Nuklir di Bidang Pertanian’ ini berlangsung di Aula Madrasah Yayasan H Saepudin, Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. Kegiatan dihadiri sekitar 150 petani dan penyuluh pertanian di Kecamatan Solokan Jeruk dan sekitarnya.

Selain penyerahan benih kepada para ketua Kelompok Tani, dilaksanakan juga pemaparan hasil-hasil litbang BATAN di bidang pertanian kepada para petani Solokan Jeruk oleh Arwin peneliti Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) BATAN.

Cucun Ahmad Syamsurizal mengungkapkan, DPR terus mendorong pemanfaatan teknologi untuk kemakmuran rakyat. Sebagai anggota Pansus Sistem Iptek Nasional, ia berusaha mengoptimalkan APBN salah satunya untuk kegiatan riset nasional. Namun, menurutnya, hasil riset ini harus berdampak nyata langsung ke masyarakat.

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) BATAN, Jupiter Sitorus Pane,  mengungkapkan BATAN berusaha menghasilkan temuan-temuan baru dan inovasi untuk kemashlahatan bersama. “Masyarakat harus melihat temuan lain hasil nuklir, meski awalnya terkesan sebagai senjata pemusnah missal.”

Ia juga menyatakan, hasil litbang BATAN tidak hanya di bidang pertanian tetapi juga kesehatan, industri, hingga nutrisi makanan. “Kami sebagai ASN dibayar oleh pajak masyarakat. Jadi kami wajib menyampaikan hasil-hasilnya ke masyarakat,” pungkasnya.

 

Sosial Media