11 Feb 2019 20:40

BATAN Kenalkan Nuklir pada Siswa SMP

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - BATAN kembali mengadakan kegiatan Nuclear Goes to School. Dikabarkan situs resmi batan.go.id edisi 8 Februari 2019, kali ini giliran Sekolah Erenos di Tangerang Selatan.

Dalam rangka orientasi siswa SMP terhadap peminatan sains dan sosial pada SMA, SMA Erenos mengadakan Science and Social Day bekerjasama dengan BATAN. Acara ini diikuti kurang lebih 180 siswa-siswi SMP Erenos kelas 7 sampai 9.

Materi yang dibawa BATAN cukup sederhana, yaitu pengenalan sumber radiasi alami di lingkungan sekitar. Para peserta sangat antusias mengikuti karena metode yang digunakan cukup menarik yaitu praktikum menggunakan alat detektor radiasi dan mengukur radiasi yang dipancarkan dari benda-benda di sekitar mereka.

Salah satu siswa kelas 7 melaporkan hasil praktikumnya, “Pisang adalah benda yang radiasinya paling besar di antara benda-benda lain yang kami ukur.”

Setelah praktikum, para siswa diminta menyimpulkan tak perlu takut radiasi karena ada di mana pun kita berada.

Kegiatan ini mengubah pandangan para siswa dan guru. Mulanya menganggap radiasi dan energi nuklir sebagai hal menakutkan. Kini mereka tahu nuklir dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

Martini, selaku Kepala SMA Erenos, mengatakan, “Siswa-siswi SMP Erenos, yang kebanyakan belum paham nuklir, setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan menjadi lebih mengenal nuklir dari sisi positifnya. Tidak melulu mengenal dari sisi negatifnya.”

Selain itu, BATAN juga mengenalkan hasil penelitian dan pengembangan pada para siswa. Antara lain tanaman varietas unggul BATAN serta makanan/produk irradiasi.(indri)

Sosial Media