16 Feb 2019 21:28

Menteri Rini Turut Berkeringat saat Chocolate Glenmore Run

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Perkebunan Kendenglembu yang dikelola PTPN XII, di Glenmore, Jawa Timur, memang nyaman dan menyegarkan. Tak pelak, ketika Doesoen Kakao di perkebunan itu dijadikan start lomba lari, Menteri BUMN Rini Soemarno pun menikmatinya. Bahkan, saat melepas 2.000 peserta Chocolate Glenmore Run, ia ikutan berlari 5 kilometer bersama peserta lainnya.

Meski tidak memenangi lomba lari ini, yang utama Menteri Rini bisa turut mempromosikan kawasan itu. “Asyik juga berlari di tengah perkebunan. Udaranya sejuk. Ini ajang sport tourism yang potensial,” ujar Rini, sambil menyeka peluh.

Chocolate Glenmore Run menyusuri belantara perkebunan kakao bahan baku cokelat. Lari melintasi Perkebunan Kendenglembu, para peserta bisa menikmati segarnya oksigen dari dedaunan pohon kakao dan karet di sepanjang rute. Kakao dari perkebunan ini sudah dieskpor ke berbagai penjuru dunia.

Selain para atlet profesional, para bos BUMN pun menikmati suasana sejuk dengan berlari kecil mengiringi Menteri Rini. Tampak Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Dirut Bank Mandiri Kartiko Wirjoatmojo, Dirut BRI Suprajarto, Dirut BTN Maryono, Dirut Perhutani Denaldy Maunda, dan para direksi BUMN perkebunan. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas juga ikut berlari.

Bupati Anas menyatakan, kolaborasi dengan BUMN memungkinkan akselerasi pembangunan daerah. “Banyuwangi bersyukur bisa terus memperkuat kolaborasi dengan banyak BUMN, termasuk untuk memajukan pariwisata. BUMN sebagai agen pemerataan dan pemercepat pembangunan,” ujar Anas.

Selair lomba lari Chocolate Glenmore Run, di Doesoen Kakao juga digelar Chocolate Happy Cycling, serta Chocolate Jazz and Food Festival. Para pembalap sepeda melintasi rute 20,4 km dengan mengambil lokasi start dan finish di Doesoen Kakao. Pasti menjadi pengalaman unik saat menikmati musik jazz sembari menyesap kelezatan coklat di tengah-tengah perkebunan.

Untuk lomba lari 10 kilometer Chocolate Glenmore Run, dua atlet Kenya jadi juaranya. Thomas Kipkorir Maritim mencatat waktu 32 menit 41 detik untuk jadi juara kelompok putra. Daisy Cherono juara kelompok putri dengan catatan waktu 45 menit 39 detik.

"Perlombaan ini menyenangkan karena menyuguhkan trek cukup menantang. Melewati perkebunan kakao yang berbukit, menembus hutan kecil, dan jalanannya berbatu," kata Thomas Maritim.

Sosial Media