18 Feb 2019 06:19

Menteri BUMN Pantau Digitalisasi SPBU di Palembang

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Pertamina terus melakukan inovasi dan pengembangan teknologi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen produk-produk pertamina. Salah satunya digitalisasi SPBU yang terus dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia. Termasuk SPBU COCO 21.301.01, di Kenten, Palembang.

Energia-news di pertamina.com edisi 17 Februari 2019 mengabarkan, Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Pemasaran Retail Mas'ud Khamid, mencoba sistem pembayaran non tunai usai pengisian BBM ke salah satu mobil pelanggan. Ini dilakukan dalam rangka memantau perkembangan digitalisasi di SPBU tersebut.

"Saya sangat senang dengan perkembangan digitalisasi SPBU ini. Selain dapat mengetahui stok BBM di SPBU secara real time, jumlah BBM yang paling banyak dikonsumsi, jumlah transaksi yang dilakukan pembeli, bahkan nama pembeli juga tercatat dengan baik. Dengan demikian kita bisa tahu pelanggan mana yang paling loyal membeli produk Pertamina di SPBU tersebut," ujar Rini. 

Ia menargetkan, akhir Juni semua SPBU di Indonesia bisa melayani pembelian non tunai. 

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid menjelaskan, sudah 341 SPBU yang menerapkan digitalisasi pada pertengahan Februari,. Sedangkan 1.224 SPBU lainnya masih dalam proses konstruksi dan pemasangan sistem digital.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati optimistis target dapat diselesaikan tepat waktu.  "Tujuan digitalisasi ini untuk memberikan pelayanan lebih baik pada pelanggan Pertamina. Selain itu, kita bisa menganalisis kebutuhan BBM masyarakat. Stok BBM di SPBU dan TBBM dapat terkontrol. Jadi ke depannya tidak akan ada lagi isu-isu kelangkaan BBM di SPBU karena kami bisa memantaunya secara real time," pungkasnya.

Sementara itu, pada hari yang sama di kota yang sama, juga digelar Semarak Berkah Energi Pertamina (BEP). Seperti di sejumlah kota lain, BEP berlangsung sejak 06.00 melibatkan ribuan masyarakat Palembang. Ada funwalk, senam zumba, lomba goyang BEP, lomba foto selfie, lomba dress code unik dan games yang diikuti komunitas, kids area, hingga hiburan musik dari brand ambassador BEP Siti Badriah. Bahkan Booth Komunitas Motor dan Mobil ikut memeriahkan acara tersebut.

Irma Eriyanti, yang datang bersama keluarga dari Jambi ke acara Semarak BEP di Stadion Jaka Baring, beruntung ketika namanya disebut sebagai salah satu pemenang satu unit Kijang Innova. 

"Saya tidak menyangka ikut program Berkah Energi Pertamina dapat hadiah Innova. Alhamdulillah, gak sia-sia saya datang dari Jambi," ujarnya ketika ditanya Nicke Widyawati di panggung Semarak BEP di Stadion Jaka Baring. 

Irma menjelaskan, mobilnya selalu diisi Pertamax untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari,. 

"Kenapa pakai Pertamax?" tanya Nicke. 

"Karena tarikan mesinnya jadi lebih enteng, Bu," jawab Irma yang disambut tepuk tangan Menteri BUMN Rini Soemarno, Direksi Pertamina, Siti Badriah dan peserta Semarak BEP lainnya. 

Selain Irma, dua warga Lampung juga beruntung mendapatkan satu unit sepeda motor N Max dan satu unit motor Harley Davidson. Mereka masing-masing Gusti Maryamah dan Dudung Nahrawi.

Sosial Media