21 Feb 2019 12:17

Pindad Serahkan Tongkang Penjebak Sampah untuk Citarum

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - PT Pindad (Persero) menyerahkan produk industrial terbarunya, Tongkang Penjebak  Sampah, kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Berita acara penyerahan produk ditandatangani Direktur Bisnis Produk Industrial Pindad, Heru Puryanto, dan Komandan Satgas Citarum sekaligus Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, 19 Februari 2019 di Citarum Expo 2019, Soreang. Penandatanganan berita acara disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muldjono.

Tongkang Penjebak Sampah berfungsi untuk membersihkan sampah-sampah di perairan, salah satunya di sungai. Tongkang Penjebak Sampah berukuran 2 x 2,5 x 0,7 m dilengkapi motor untuk memudahkan pergerakannya.

Citarum Expo 2019 diselenggarakan untuk menyampaikan kepada publik dan seluruh pemangku kepentingan, tentang kondisi, situasi, permasalahan dan upaya untuk memulihkan perairan Citarum dalam rangka mewujudkan harmonisasi dan kolaborasi Citarum Harum Juara.

Acara dihadiri perwakilan dari TNI, Polri, Kementerian, Pemprov Jabar, Pemda, sesepuh Jabar, BUMN, BUMD, swasta, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM dan lain-lain untuk mendapatkan output yang ingin dicapai yakni komitmen dari semua pihak untuk mendukung Citarum Harum.

Pada Citarum Expo 2019 ini diselenggarakan juga pameran yang diikuti lebih dari 30 booth dari berbagai instansi. Booth Pindad menampilkan mock up dan video Excavator Amphibious Pindad beserta berbagai produk lainnya.

Selain pameran, acara lainnya adalah Forum Group Discussion (FGD), lomba kreatifitas dan atraksi seni Citarum Harum Juara, sarasehan, penandatanganan rencana aksi ragam pengendalian pencemaran dan kerusakan Citarum serta launching gerakan Citarum Juara.

Sosial Media