22 Feb 2019 06:17

Harapan Tumbuh dari Kawasan Bencana Tsunami Pandeglang

bumntoday.com

Oleh: HM Arum Sabil

BUMNTODAY.COM - Sabtu, 22 Desember 2018, Provinsi Banten berduka. Gunung Anak Krakatau erupsi dan mengakibatkan tsunami. Ratusan korban meninggal dunia. Rumah dan harta benda hanyut tak tersisa. 

Kami bersama Ibu Teja Ningsih Badrodin Haiti yang tergabung dalam Teja Badrodin Haiti Community berkunjung ke lokasi terdampak Tsunami di  Kampung Cikujang Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Pandeglang Banten, Selasa 19 Februari 2019.

Hadir pula alumni Fakultas Biologi Unas angkatan 1984, Bupati Pandeglang Ibu Hj. Irna Narulita, SE, MM, Kapolres Pandeglang KBP Indra Lutrianto Amstono, MSi, dan Ketua Cabang Bhayangkari Polres Pandeglang Ny Ina Indra Lutrianto. Hadir pula Kombes Pol Suyudi Ario Seto SH SIK MH.

Puing sisa bencana masih terlihat di pesisir pantai Tanjung Lesung. Pohon-pohon yang tumbang, tiang listrik yang roboh dan bangunan yang rata dengan tanah. Tapi masyarakat desa setempat tidak terpuruk dengan keadaan. Mereka telah bangkit untuk terus menapaki kehidupan.

Kedatangan kami disambut dengan suka cita. Apa lagi kehadiran Ibu Hj Teja Ningsih.yang telah menjalin hubungan baik sejak Bapak Badrodin Haiti menjabat Kapolda Banten 2004 silam. Kami pun mendengar kisah mereka dan mencoba mewujudkan harapan untuk bisa hidup lebih baik. 

Uluran tangan yang diserahkan Ibu Hj Teja Ningsih Badrodin Haiti berupa 50 perahu ketinting, 1000 sarung dan selimut, bibit pohon, uang tunai untuk sekolah, dan guru relawan. Kami juga mempersembahkan 24 kambing etawa (12 ekor betina dan 12 ekor jantan). Kami melihat potensi daerah yang baik untuk dikembangbiakkan hewan ternak.

Sebelum pamit pulang, kami sempatkan untuk menanam pohon. Semoga pepohonan ini kelak bisa menjadi pemecah ombak sehingga tak sampai ke pemukiman warga, dan bisa di jadikan Prasasti Kehidupan dalam syiar lingkungan hidup untuk masa depan generasi kita.

Persembahan kami mungkin masih jauh dari harapan, tapi setidaknya bisa membuat mereka tersenyum. Semoga bermanfaat. Salam Hormat,

Sosial Media