24 Feb 2019 14:39

Pertamina RU IV Gelar Fire Fighter Combat se-Jawa

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM – Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Boyolali berhasil menjadi juara pertama Fire Fighter Combat Se-Jawa, Sabtu 23 Februari 2019, di Cilacap. Damkar Kabupaten Magelang dan Damkar PT Holcim Cilacap di urutan kedua dan ketiga. Juara harapan berturut-turut diraih Damkar Kota Pekalongan, Damkar PT Sumber Segara Primadaya (S2P) Karang Kandri Cilacap, dan Damkar Kota Surakarta.

Dikabarkan energia-news di pertamina.com, acara ini digelar Pertamina RU IV Cilacap sebagai rangkaian kegiatan bulan K3 Pertamina Refinery Unit IV tahun 2019. Lomba melibatkan 34 tim pemadam kebakaran dari 32 kabupaten dan kota di Jawa, serta perusahaan di Cilacap.

Lapangan Komperta Donan disulap menjadi arena perlombaan dengan mengadopsi best practice Firefighter Physical Aptitude Test (FPAT) yang diterapkan Fire & Rescue Team di berbagai negara, serta beberapa best practice lomba Fire Fighter tingkat nasional dan internasional.

Tim peserta lomba menjalani babak penyisihan melalui 5 pos rintangan dengan sistem estafet. Yaitu; pos 1 Uprising Hose Pack Hit, pos 2 Hit Iron and Fire Extinguisher Wheeltype, pos 3 Run Zig Zag & Monke Bar, pos 4 Hose Drag Shoot Target & Run dan pos 5 Tire Drag. Di babak final, ada tambahan pos 6 berupa simulasi pemadaman api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Lomba ini menguji stamina dan ketangkasan tim Pemadam Kebakaran yang berujung pada kesiapan, kesiagaan, kecepatan dan ketepatan petugas saat terjadi kebakaran. Lomba juga memperebutkan hadiah uang total puluhan juta rupiah. Yang lebih penting, lomba ini sekaligus media silaturrahim bagi seluruh tim pemadam kebakaran pulau Jawa. Dalam sejumlah kasus, mereka kerap saling membantu saat kebakaran besar terjadi di setiap wilayah.

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Ekonomi dan Pembangunan, Wasi Aryadi, menyampaikan apresiasi kepada Pertamina RU IV yang mengadakan kegiatan ini. “Pemadam Kebakaran dituntut memiliki stamina dan ketangkasan prima. Pantang pulang sebelum api padam. Itu motto yang selalu ada di dada setiap pemadam kebakaran,” kata Bupati.

SMOM Nur Qadim, sekalu Pjs. GM RU IV, mengharapkan kegiatan ini membuat para peserta memahami kebutuhan latihan kebugaran fisik untuk mendukung performa sebagai seorang Pemadam Kebakaran.

Sosial Media