28 Feb 2019 06:40

PGN Pasang Jargas Rumah Tangga di Kabupaten Bogor

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM - Nurhayatiasah sangat senang dengan dipasangnya jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di komplek tempat tinggalnya, Perumahan Puri Nirwana III, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (27/2/2019). Menurut wanita usia 59 tahun itu, jargas sangat membantu karena penggunaannya jadi lebih efektif dan efisien. 

"Alhamdulillah, biaya bahan bakar untuk memasak jadi lebih murah. Selain itu, saya juga gak khawatir kehabisan gas kalau sedang masak," ujarnya dikutip energia-news

Hal senada disampaikan Acep Syaifullah, yang bersyukur jargas rumah tangga dipasang di tempat tinggalnya. "Alhamdulillah, jargas meringankan kita. Terima kasih banyak," ungkap pria berusia 62 tahun tersebut. 

Burhanudin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor yang hadir dalam acara peresmian jargas rumah tangga, mengungkapkan apresiasinya kepada PT Perusahaan Gas Negara (PGN) anak perusahaan PT Pertamina.

"Kami ucapkan terima kasih kepada PGN yang merespon keinginan masyarakat Kabupaten Bogor untuk menggunakan jaringan city gas. Sudah ada sambungan jaringan gas kota untuk rumah tangga di Kabupaten Bogor. Di Kecamatan Cibinong, ada 2.006 sambungan. Di Kecamatan Bojonggede 3.014 sambungan," ungkap Burhanudin usai peresmian jargas rumah tangga di Perumahan Puri Nirwana III.

Ia menambahkan, keberadaan jargas rumah tangga potensial untuk meningkatkan peluang masyarakat hidup sejahtera dan berkualitas. Jargas rumah tangga memberikan solusi konkrit terhadap pentingnya penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan dan aman. "Upaya tersebut juga relevan dengan visi terwujudnya Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban," imbuhnya.

Pertamina, melalui PGN, melaksanakan amanat pemerintah memasang 2.006 sambungan jargas rumah tangga untuk Kecamatan Cibinong dan Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Peresmian dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan didampingi Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Dilo Seno Widagdo, di Perumahan Puri Nirwana III. 

Dilo Seno Widagdo menjelaskan, pada tahap pengoperasian ini PGN memanfaatkan sumber gas dari PT Pertamina EP dengan volume mencapai 0,2 MMSCFD. "Perluasan Jargas ini upaya bersama untuk memperluas dan pemerataan pemanfaatan kekayaan alam.”

Pemerintah dan PGN bahu-membahu melakukan perluasan pembangunan jargas. Ke depan, kian banyak skema yang bisa digunakan untuk merealisasikan itu. “Gas merupakan energi masa depan yang sangat membantu kehidupan masyarakat. Indonesia melalui PGN mempunyai potensi besar sebagai penyangga dan pelayan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Ignasius Jonan memberikan apresiasi kepada PGN yang komit menyediakan sambungan jargas rumah tangga yang bisa digunakan secara terus-menerus oleh masyarakat dengan harga lebih murah dibandingkan bahan bakar rumah tangga jenis lain. "Selain lebih murah, pengembangan jargas juga bertujuan mengurangi impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga bisa menghemat devisa negara," ujarnya.

Jonan berharap, penambahan jargas yang menyasar pengguna rumah tangga ini diharapkan meningkatkan penggunaan energi baik yang lebih terjamin keamanannya dan murah.

Sosial Media