08 Mar 2019 07:41

Meski Madiun dan Bandung Banjir, Pasokan BBM dan Elpiji Aman

bumntoday.com

BUMNTODAY.COM – Hujan lebat membawa banjir bandang di beberapa daerah, termasuk 13 kabupaten/kotamadya di Jawa Timur serta Kabupaten Bandung di Jawa Barat. Meski demikian, Pertamina terus melakukan penyaluran BBM dan Elpiji di wilayah Madiun dan sekitarnya dan Bandung dan sekitarnya yang terdampak banjir.

“Seluruh SPBU di wilayah Madun beroperasi normal. Penyaluran melalui mobil tangki berjalan dengan berkoordinasi bersama BPBD setempat untuk panduan arah lalu lintas aman,” ujar Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji, di Surabaya 7 Maret 2019.

Di Kabupaten Bandung, tiga kecamatan yakni Bojongsoang, Baleendah dan Dayeuhkolot jadi kawasan rawan banjir dan terdampak luapan Citarum. 

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, kebutuhan BBM di sekitar Dayeuhkolot dan Baleendah terpengaruh seiring penurunan aktivitas warga. Namun SPBU Pertamina 34.40326 di Jl Terusan Bojongsoang, Baleendah beroperasi seperti biasa. 

"Kendati demikian, SPBU Pertamina 34.40307 di Jl Anggadireja, Dayeuhkolot  dan SPBU 34.40313 di Jl Moh. Toha, Baleendah, untuk sementara tidak beroperasi karena akses menuju SPBU terdampak luapan air. Meskipun demikian sarana dan fasilitas SPBU berada dalam kondisi aman," ujar Dewi. 

Di wilayah Madiun terdapat 25 SPBU yang tersebar di kotamadya maupun kabupaten. Rata-rata realisasi normal penyaluran mencapai 306 kiloliter/hari untuk BBM jenis bensin serta 108 kiloliter/hari untuk BBM jenis diesel. Di wilayah Madiun terdapat 15 agen elpiji didukung 592 pangkalan yang tersebar di seluruh kelurahan. Penyalurannya juga normal. Rata-rata pasokan elpiji subsidi 60 metrikton/hari, pasokan elpiji nonsubsidi 14 metrikton/hari. “Meski banjir, seluruh agen dan pangkalan elpiji tetap buka dan beroperasi,” kata Rustam.

Di Kabupaten Bandung, menurut Dewi, pasokan LPG lancer karena seluruh agen dan pangkalan LPG serta Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) dalam keadaan aman dan beroperasi normal.  "Kondisi penyaluran LPG secara umum di wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya aman baik dalam hal suplai maupun penyaluran," ujar Dewi.

Di Kabupaten Madiun, Pertamina juga mendirikan dapur umum di posko utama Kecamatan Balarejo. Sebanyak 40 tabung elpiji Bright Gas 12 kg beserta kompor disiagakan untuk dimanfaatkan warga yang terdampak banjir. “Selain memfokuskan kelancaran pasokan BBM dan LPG, Pertamina turut memprioritaskan bantuan CSR di wilayah terdampak. Kami terus berkoordinasi bersama BPKD setempat untuk penentuan titik-titik pengiriman bantuan,” kata Rustam.

Sosial Media