13 Mar 2019 14:28

PT Badak NGL Bisa Ganti Jadi PLTS

bumntoday.com

Panel surya dipasang di kawasan produksi LNG Badak.

BUMNTODAY.COM -  PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Badak NGL dan PT Pertamina Power Indonesia (PPI), merampungkan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas terpasang 4 MWp, di PT Badak NGL, Bontang, Kalimantan Timur, pada akhir 2018. Tahap pertama dengan kapasitas terpasang 1 MWp telah beroperasi sejak 14 September 2018.

Dengan milestone di atas, sebagaimana dikabarkan energia-news 12 Maret 2019, PT Badak NGL sebagai penyedia energi bersih berbentuk Liquified Natural Gas (LNG) berpeluang menjadi LNG Plant pertama di dunia yang diversifikasi penggunaan sumber energi dengan pemanfaatan energi terbarukan khususnya PLTS guna mendukung kebutuhan operasional kilang.

Hal ini menegaskan komitmen Pertamina melalui kedua anak perusahaannya mendukung program pemerintah untuk pengembangan Energi Baru dan Terbarukan, serta bentuk perwujudan sinergi Pertamina Group.

“Dengan beroperasinya PLTS di Badak LNG Bontang, secara resmi juga menjadi bukti kapabilitas PT Pertamina Power Indonesia sebagai salah satu penyedia energi bersih berbasis Energi Baru dan Terbarukan, selain berbasis gas dan LNG,” ujar Direktur Utama PPI, Ginanjar.

Selain Energi Baru dan Terbarukan yang bersumber dari sinar matahari (solar), PPI juga melakukan pengembangan proyek pembangkit listrik berbasis biogas dengan PTPN II dan PTPN III, serta pembangkit listrik berbasis tenaga angin (bayu).

Sosial Media